Cara Menemukan Passion - Mudah, Cepat, Hanya Tiga Langkah

Cara Menemukan Passion - Mudah, Cepat, Hanya Tiga Langkah
Passion, sebuah kata yang mudah dikatakan tapi banyak orang yang tidak tahu, belum menemukan dan masih bingung dengan passion dirinya. Menurut saya, passion adalah kekuatan untuk melakukan sesuatu. Pernahkah kita sesekali memperhatikan? Adakah sesuatu yang membuat kita lupa waktu, adakah sesuatu yang ketika kita mengerjakannya kita bahagia, adakah sesuatu topik yang jika kita obrolkan tidak bosan mengatakannya? itulah passion!
Passion memang penting, karena kalau kita tidak punya passion, kita tidak punya kekuatan untuk terus mencapai goals. Lalu bagaimana cara menemukan passion? Berikut langkah-langkahnya :

1. Tanyakan Pada Diri Sendiri
Adakah satu kegiatan yang selalu kita lakukan dan kita jarang kehabisan energi untuk melakukannya? contoh sederhananya adalah sering mencoba tutorial makeup? Mungkin anda passion dibidang kecantikan?,  atau mungkin anda sering membuat vlog? Mungkin anda punya ketertarikan pada dunia media. Dan masih banyak hal lain yang bisa dikatakan passion.

2. Kenali kepribadian anda
Entah mengapa sejak duduk dibangku SMP saya sangat suka membaca tentang buku-buku motivasi dan kepribadian. Nah salah satu tes yang dapat diikuti adalah tes kepribadian MBTI 36 Personality by Myers Brigg. Tes tersebut bisa diakses secara online dan gratis, dapat menjelaskan apakah anda tipe kepribadian Extrovert, introvert apakah tipe kecerdasan anda thinking, feeling? Apakah anda masuk dalam kategori perceiving atau judging?. Dengan mengikuti tes tersebut kita akan dapat memahami diri dengan lebih baik. Pada tes tersebut, saya memperoleh hasil bahwa saya ENFP, yaitu extrovert, intuiting, feeling, perceiving dan masuk kategori ambivert. Disana saya mulai memahami sedikit banyak tentang diri saya, bagaimana saya mengambil keputusan, hal-hal yang saya sukai hingga kekuatan diri dan kelemahan.

3. Mencoba Hal Baru
Bergeraklah, lakukanlah sesuatu yang baru, cobalah berbagai hal. Dengan mencoba berbagai hal kita akan memperoleh keterampilan baru dan pada akhirnya bisa menemukan passion kita. Kalaupun kelak kita masih belum menemukan passion, teruslah gali, teruslah cari dan teruslah kembangkan keahlian kita, value kita. 

Oke semoga bermanfaat, terima kasih

Comments

Popular Posts