Pilih D3 atau S1 Ya?

Pilih D3 atau S1 Ya?
Pada kesempatan ini aku ingin berbagi pemikiranku, mengapa kuliah pada jenjang D3 pun bisa menjanjikan. Pada tulisan ini aku berusaha senetral mungkin, mohon maaf apabila mungkin ada kata-kata yang bisa menimbulkan salah tafsir. Untuk yang belum mengetahui perbedaan D3 dan S1, akan aku jelaskan terlebih dahulu. Jadi D3 itu kuliah yang fokus utamanya lebih banyak praktek, meskipun diimbangi dengan Teori, biasanya kuliah D3 tidak semahal kuliah S1, terutama bila kamu mengambil jenjang D3 di perguruan tinggi negeri. 

Namun yang menjadi mahal adalah apabila kita ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S1, karena tidak semua perguruan tinggi membuka jalur lanjutan D3 ke S1 atau biasa disebut kuliah ekstensi. Namun kabar baiknya, lulusan D3 akan mengambil start duluan dalam dunia kerja, maksudnya begini..lulusan S1 lulus selama empat tahun, lulusan D3 lulus dalam 3 tahun, maka yang terjadi setelah empat tahun adalah, lulusan S1 baru memperoleh gelar menjadi fresh graduate dan baru memasuki dunia kerja, sementara lulusan D3 sudah punya satu tahun pengalaman kerja. Namun hal ini pun tidak mutlak yang terjadi akan seperti itu, bisa saja ada yg mengambil kuliah S1 sambil bekerja, atau mungkin bisa saja lulusan D3 menganggur satu tahun sehingga setelah empat tahun keduanya sama-sama menyandang status fresh graduate dengan penghasilan yang tidak terlalu jauh berbeda. 

Namun dalam dunia kerja, biasanya lulusan D3 yang melaksanakan eksekusi, sementara lulusan S1 sebagai pemikirnya. Jadi untuk teman-teman yang mengambil jenjang D3 memang kusarankan lebih baik untuk bekerja sambil melanjutkan kuliah. Selain itu, untuk yang bercita-cita masuk BUMN, terdapat beberapa BUMN yang mensyaratkan pelamarnya berasal dari jenjang S1, meskipun banyak juga BUMN yang justru mencari lulusan D3. Tapi yang jelas, semuanya bergantung pada pribadi kita masing-masing, percayalah kalau kita punya ilmu, maka ilmu itu akan membuat kita menjadi orang yang bermanfaat. Dan selama saya berkuliah selama tiga tahun, jujur..itu adalah masa paling indah yang pernah saya alami, saya betul-betul merasakan kuliah nuansa kerja, disiplin namun relaks, teman-teman yang menyenangkan dan solid. Kami tidak hanya belajar teori, kami langsung mengaplikasikan bagaimana berwirausaha, berbicara bahasa inggris tanpa malu dan banyak hal yang tidak dapat kujelaskan disini semua. Untuk para lulusan ahli madya, kuucapkan salam......percayalah kalian spesial, ibarat superhero, kalian lebih banyak action hehehe...

terima kasih sudah membaca...

Comments

Popular Posts